Jumat, 18 November 2011

MEMBUAT TEROPONG SEDERHANA (Alat-alat Optik 1)



Optik adalah bagian ilmu fisika yang mempelajari sifat dan tingkah laku cahaya. Cahaya akan mempunyai sifat tertentu bila membentur benda. Misalnya cahaya bertemu cermin, lensa atau benda, cahaya mungkin akan menembus, berbelok, memantul atau terhalang.
Alat-alat optik adalah alat yang digunakan dengan memanfaatkan sifat cahaya untuk keperluan hidup manusia. Ilmuwan islam yang mempelajari sifat cahaya adalah Al-Kindi (801–873), Ibnu Sahl (984) dan Al-Hazan (abad ke-11). Contohnya alat optik : mata, lup/kaca pembesar, kacamata, kamera, teropong/teleskop, mikroskop.  Pada kali ini di buat teropong/teleskop.
Teropong adalah alat untuk melihat benda-benda yang jauh. Dengan teropong benda yang jauh tampak terlihat dekat. Teropong dibuat dengan menggunakan dua lensa cembung.
Lensa yang dekat mata disebut lensa okuler dan lensa yang dekat benda disebut lensa obyektif

Kita bisa membuat teropong sederhana ini dengan menggunakan 2 lup/kaca pembesar yang ada. Lup di masukan dalam tabung karton yang dibuat sebesar diameter lup. Di buat 2 tabung karton, tabung yang satu diameternya lebih besar/lebih kecil dari tabung lainnya. Sehingga tabung yang satu bisa dimasukan ke tabung lainnya. Lup dikencangkan pada ujung tabung. Tabung ini bisa digeser atau dimaju mundurkan, sehingga mendapatkan gambar objek yang jelas.  Hasil bayangan yang tampak adalah benda jadi terbalik.

1 komentar:

  1. Customize your own titanium hoop earrings and jewelry
    Customize your own titanium titanium bar hoop earrings and jewelry from our jewelry man titanium bracelet shops. Choose from over 70+ other titanium industries unique or custom westcott scissors titanium earrings titanium trimmer and accessories.

    BalasHapus